Cloning antar hardisk di linux tanpa bantuan software tambahan

Jumat, 04 Mei 2012


mungkin judul saya kurang tepat, maksud di sini adalah mengunakan software yg sudah include ada di linux jadi tidak perlu repot lagi mau install software atau bikin pakai software khusus.

sebenarnya lahngak ini sudah banyak di jelaskan di internet jadi tulisan ini saya tulis waktu pada saya kondisi kepepet di mana pada saat saya memaintenance warnet saya lupa membawa flashdisk 1 buah pun yg biasa saya gunakan flashdisk itu untuk software cloning saya yaitu clonezilla.
cara ini juga bisa di gunakan untuk menuliskan file .img ke flashdisk atau ke hardisk.
cara menulis file .img ke flash disk atau hardisk.
dd if=/lokasi_file_img/file.img of=/dev/hardisk_flashdisk
contoh:
dd if=/home/sa3o/pfsense.img of=/dev/sdb
kalau cara cloning :
dd if=/dev/hardisk_asal(bisa hardisk komp kita sendiri) of=/dev/hardisk_tujuan
contoh:
dd if=/dev/sda of=/dev/sdb
Sekian :D .

0 komentar:

Posting Komentar